Program Studi   : Teknik Industri

SK : 340/KPT/I/2017

Alamat : Jl. Terusan Ryacudu, Desa Wy Huwi, Kec, Jati Agung

Telepon  : (0721) 8030188, (0721) 8030189

Faximile :  –

Email : ti@itera.ac.id

Website : ti.itera.ac.id

Gelar Lulusan : S.T.

Deskripsi : Program studi teknik industri mempelajari keilmuan, pendekatan, pola pikir dan prinsip-prinsip pada proses perancangan sebagai sistem integral yang meliputi manusia, mesin, material, energi dan informasi dengan mengedepankan prisip efektivitas, efisiensi dan produktivitas. Teknik Industri Merekayasa proses dan sistem dalam rangka memperbaiki mutu dan produktivitas lingkungan kerja. Teknik Industri memberikan keilmuan dalam menghadapi persoalan yang berkaitan dengan efisiensi pemakaian uang, material, waktu, energi dan usaha manusia.

Visi : Menjadi Program Studi yang unggul dalam pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat di bidang Teknik Industri dengan memanfaatkan sumber daya di wilayah Sumatera dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikansecara berkelanjutan di bidang Teknik Industri yang mampu bersaing baik dalam tingkat nasional maupun global.
  2. Mengembangkan penelitian maupun penerapannya yang relevan dan bermanfaat bagi pengembangan Industri di Wilayah Sumatera khususnya dalam pengembangan konsep green industry.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil riset, renstra pemerintah, dan iptek dalam bidang Teknik Industri yang berbasispada sumber daya Sumatera.
  4. Meningkatkan mutu program studi Teknik Industri dengan mencapai mutu akreditasi B pada tahun 2021, akreditasi A pada tahun 2026 dan akreditasi internasional pada tahun 2036.

 

 

 

Kompetensi Program Studi :  

  1. Perancangan, rekayasa, fabrikasi, perbaikan dan pengoperasian sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan, energi dan informasi.
  2. Menghasilkan lulusanyang mampu berpikir secara holistik dan integratif dalam mencapai hasil yang efektif dan efisien.
  3. Memiliki pengetahuan untuk berpikir system (system thinking) dalam menyelesaikan permasalahan di bidang teknik industri.

 

Capaian Pembelajaran :

  • Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals) yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
  • Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi)
  • Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental
  • Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)
  • Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem
  • Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural
  • Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi
  • Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini
  • Menguasai prinsip dan issueterkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum
  • Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa
  • Mampu melakukan komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif.
  • Memahami tanggungjawab profesi dan aspek etikal keprofesian.
  • Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup

Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja

TABEL KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

Prospek Lulusan :

  1. Sebagai praktisi dalam industri manufaktur maupun jasa, perancang sistem Industri; Perencana dan Pengendali Sistem Industri, Ahli Perancangan Rekayasa Kerja, Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pengelola dalam Industri seperti Pabrik,  Rantai Pasok (supply Chain), Logistik, Persediaan dan lainnya.
  2. Sebagai Akademisi dan Peneliti meliputi Peneliti LIPI, BPPT, Litbang Pertanian, Litbang Perikanan, Lemigas, dan sebagainya. Sebagai staf instansi pemerintahan (Kementerian Perindustria, Perdagangan, Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, dan instansi Pemerintah daerah).