Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sumatera (DKV ITERA) merupakan bidang keilmuan yang terbangun oleh kerangka keilmuan secara multi-disiplin yang bermula dari ranah seni rupa dan desain. Namun, dalam perkembangan keilmuannya desain komunikasi visual tidak saja berfokus pada keilmuan seni rupa dan desain namun telah membentuk dirinya sendiri dengan beririsan dengan disiplin keilmuan komunikasi, psikologi, antropologi, sosiologi, kebudayaan dan perkembangan teknologi mutakhir.

Dampak terjadinya irisan antara disiplin keilmuan desain komunikasi visual dengan keilmuan lainnya memunculkan kajian-kajian ilmiah yang bersifat wacana seperti; narasi visual, antropologi visual, budaya visual, sosiologi desain. Bersifat marketing seperti branding, e-commers. Irisan kearah teknologi seperti digital storytelling, digital illustration, digital animation, web design, motion graphic, videografi, fotografi design hingga game design bahkan kini keraha virtual reality dan argumentrd reality.

Khas DKV ITERA ialah akan memfokuskan kajian dan perancangan komunikasi visual untuk mengeksplorasi kekayaan keberagam pulau sumatera dari segala aspek seperti seni, budaya, pariwisata, ekonomi, politik dan lainnya.

VISI

Menjadi program studi terunggul se-Sumatera di bidang Desain Komunikasi Visual yang mampu merespon perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya Sumatera untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang desain yang kreatif, inovatif, berwawasan global serta memiliki kemampuan berwirausaha.

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan desain komunikasi visual yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan
  2. Menyiapkan sarjana Desain Komunikasi Visual yang produktif, professional, dan berkualitas, yang mampu merespon kebutuhan bidang industri kreatif, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat
  3. Menghasilkan karya dalam bidang desain komunikasi visual yang berkualitas tinggi.
  4. Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang desain komunikasi visual.

DKV mempelajari berbagai ilmu desain dan komunikasi visual mulai dari dasar kesenirupaan dan desain, gambar, nirmana, tipografi, fotografi, videografi, motion graphic dan animasi.  DKV ITERA akan fokus mengkaji dan menciptakan karya komunikasi visual yang mengedepankan prinsip pengelolaan potensi dan budaya Sumatera.

Secara garis besar, kurikulum Prodi DKV S1 ITERA terbagi atas dua tahap, yakni:

  1. Tahap Persiapan bersama: 2 semester sebanyak 38 SKS yang mempelajari dasar-dasar ilmu seni dan desain serta kreativitas.
  2. Tahap Sarjana: 6 Semester, sebanyal 106 SKS, Mempelajari berbagai ilmu spesifik DKV yang berkaitan dengan desain grafis, videografi, dan branding.

 

Mata Kuliah Wajib         : 129 SKS

Mata Kuliah Pilihan       : 15 SKS

Total SKS                     : 144 SKS

 

 

 

 TENAGA PENGAJAR

DOSENKOMPETENSI
PG Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn.Videografi, Fotografi, Periklanan
Arif Budiman, S.Sn., M.SnBranding, Antropologi dan Sosial Desain
Namuri Migotuwio, S.Sn., M.Sn.Desain Grafis, Grafika, Bisnis Desain, Manajemen Seni
Maria Veronika Halawa, S.Pd., M.SnPedidikan dan Kajian Seni Rupa
Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds.Desain Tradisi, Kriya seni
Muhammad Hajid An Nur, S.Ds., M.Ds.Toy Design, Board Game, Desain Produk
Refita Ika Indrayati, S.Ds., M.DsIlustrasi, Storyboard dan Tipografi

 

 

Proyeksi bidang kerja dan profil lulusan dapat berkiprah di bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Penyedia Komunikasi Visual Profesional; menjadi tenaga perancang ahli dalam bidang desain komunikasi visual dibidang desain grafis; percetakan, perancang grafis, ahli grafika, komikus, digital storytelling, digital illustration. Bidang branding; agensi iklan, creative director, art director, visualiser, copywriter. Bidang Videografi/multimedia; pertelevisian, production house, digital illustrator, animator, game designer, web designer, videographer.

 

  1. Managerial Komunikasi Visual; menjadi manager yang mampu bekerja berdasarkan analisis masalah, dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan memanfaatkan IT terkini sehingga mendapatkan problem solving yang akurat seperti art director, creative director, media social planner,  visual communication strategy conceptor.

 

  1. Entrepreneur dibidang Desain Komunikasi Visual akan memiliki usaha dalam bidang Percetakan/Grafika, Periklanan, pekerja lepas (freelance) dalam bidang desain, audio visual dan ilustrasi berskala lokal, nasional dan internasional.

 

  1. Konsultan/Peneliti Komunikasi Visual; menjadi decision maker dan visual communicator dalam memberikan pertimbangan kepada client terkait projek-projek komunikasi visual.

 

  1. Akademisi/Guru bidang Desain Komunikasi Visual atau Multimedia untuk jenjang sekolah menengah baik berskala nasional hingga internasional.