Penerimaan Mahasiswa Baru Negeri (PMB) ITERA 2020 Telah Resmi Dibuka

Home > Berita > Penerimaan Mahasiswa Baru Negeri (PMB) ITERA 2020 Telah Resmi Dibuka

Penerimaan Mahasiswa Baru Negeri (PMB) ITERA 2020 Telah Resmi Dibuka

Gambar Sosialisasi Ketua PMB ke MKKS Lampung
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 telah diumumkan secara resmi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) pada 15 November 2019. Mengikuti pengumuman tersebut, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mulai mengumumkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA 2020 untuk tahun akademik 2020/2021.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jalur utama penerimaan mahasiswa baru 2020 terdiri dari:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)
  3. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) Barat dan Jalur Mandiri lainnya (yang akan diumumkan kemudian)

Pelaksanaan SNMPTN akan berjalan terlebih dahulu daripada SBMPTN, kemudian setelah itu adalah jalur SBMPTN dan diikuti dengan jalur SMMPTN Barat yang khusus dilaksanakan oleh PTN Negeri di wilayah Indonesia bagian barat, dimana salah satunya adalah ITERA.

Hal yang paling penting di awal pelaksanaan SNMPTN adalah melakukan pendaftaran Single Sign On (SSO) pada SNMPTN yang dapat digunakan juga untuk pendaftaran SBMPTN 2020 dimana setiap peserta wajib memiliki akun pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan cara registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Sementara itu, kerangka waktu untuk registrasi akun pada LTMPT akan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu registrasi untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN dan registrasi akun LTMPT untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mendaftar untuk SBMPTN.

Jika pada tahun lalu pelaksanaan UTBK berlangsung selama 2 bulan dan dilaksanakan di akhir pekan, maka di tahun ini, pelaksanaan UTBK 2020 hanya berlangsung selama 1 (satu) minggu dengan total 14 sesi (per hari sebanyak 2 sesi) dan dapat dilakukan di ITERA yang telah menjadi salah satu dari 74 Pusat UTBK PTN. Selain itu, peserta UTBK hanya dapat mengikuti 1 (satu) kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya (Saintek, Soshum atau Campuran). Hasil UTBK 2020 yang diperoleh hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun tersebut dan dapat digunakan untuk memilih dua dari 35 program studi yang ada di ITERA.

Calon mahasiswa dan orangtua diharapkan dapat mempelajari dengan teliti dan cermat mengenai persyaratan dan jadwal pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru di ITERA. Informasi resmi mengenai proses Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA dapat mengunjungi halaman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA di https://pmb.itera.ac.id atau datang langsung ke Posko Penerimaan mahasiswa Baru yang terletak di Gedung B, ITERA, Jln. Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Lampung Selatan.

ITERA menjamin proses penerimaan mahasiswa baru berlangsung secara bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Kami mengharapkan dukungan masyarakat, agar pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru ITERA dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selamat mendaftar di ITERA, dan sampai jumpa di ITERA, Smart, Friendly, and Forest Campus! (dr/lp)

Bagikan informasi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *