Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Telah Dibuka!

Home > INFO > Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Telah Dibuka!

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Telah Dibuka!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Tepat pada hari Selasa, 2 Juni 2020 pukul 13.00 WIB, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah dibuka. Pendaftaran ini bertujuan untuk memilih tempat dan sesi pelaksaan ujian sekaligus memilih program studi di perguruan tinggi yang akan dituju. Siswa yang telah memiliki akun LTMPT dimana pendaftaran akun tersebut telah dilakukan hingga 5 April 2020 lalu, diperkenankan untuk mendaftar UTBK dan SBMPTN 2020 melalui portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sesuai dengan petunjuk pada laman LTMPT, terdapat dua tipe pendaftaran, yaitu pendaftaran berbayar untuk pendaftar reguler dan yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan untuk tetap membayar biaya test UTBK, dan pendaftaran tidak berbayar yang khusus untuk pendaftar yang telah ditetapkan sebagai pendaftar tidak berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud.

Jadwal pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020

Pelaksanaan UTBK dimulai dari pendaftaran yang dilakukan pada tanggal 2 – 20 Juni 2020. Dalam pendaftaran ini, peserta dapat memilih langsung program studi yang diinginkan. Pelaksaan UTBK akan dilakukan dalam 1 minggu, yaitu tanggal 5 – 12 Juli 2020, dimana dalam sehari akan ada 4 sesi. Pastikan bahwa kamu sudah memilih lokasi ujian di Institut Teknologi Sumatera. Pengumuman hasil ujian dapat dilihat pada tanggal 25 Juli 2020.

Jadwal pelaksanaan UTBK

Alur Pendaftaran UTBK

LTMPT telah menyediakan panduan untuk mudahkan pendaftaran UTBK. Berikut adalah alur pendaftaran UTBK:

  1. Peserta mendaftar UTBK melalui laman Portal (SSO)
  2. Peserta memilih Pusat UTBK, yaitu Institut Teknologi Sumatera
  3. Peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra
    • Jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapat nomor peserta
    • Jika tidak memiliki nomer pendataran KIP, maka silakan lanjut melakukan pembayaran
  4. Peserta mendapatkan nomor peserta
  5. Ingat,

Alur Pendaftaran UTBK 2020
Alur Pendaftaran SBMPTN 2020

Alur Pendaftaran SBMPTN

  1. Setelah berhasil mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN
  2. Peserta memilih program studi. Perlu diperhatikan bahwa pilihan Prodi tidak boleh:
    • lintas PTN SN-SB dengan Politeknik
    • Pilihan1Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik) dan
    • Pilihan2 Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik)
    • Pilihan 1 Prodi Politeknik dan Pilihan 2 Prodi Politeknik
  3. Peserta mengupload portofolio (apabila disyaratkan oleh program studi pilihan). Untuk ITERA, Prodi DKV dan Arsitektur wajib mengupload portofolio.
  4. Peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen
  5. Jika telah melakukan simpan permanen, peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN

Apa yang berbeda dengan UTBK Sebelumnya?

ada beberapa perbedaan yang sangat signifikan pada UTBK di tahun 2020 ini,dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Sehingga, mengingat hal tersebut, LTMPT memutuskan untuk mengubah sistem UTBK yang menyesuaikan keadaan nasional. Perubahan pada UTBK pada tahu n 2020 ini antara lain:

  1. Panitia LTMPT memutuskan bahwa pelaksanaan UTBK tetap diadakan namun ditunda dan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.
  2. Materi ujian akan disederhanakan yaitu hanya TPS (Tes Potensi Skolastik), Akan disesuaikan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil.
  3. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 kali tes. Hal ini berbeda dengan tahun lalu, dimana peserta dapat mengikuti tes 2 kali.
  4. Pelaksanaan tes dilaksanakan 4 sesi setiap har i(kecuali hari Jum’at 2 sesi).
  5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara Bersamaan. Artinya, selain memilih lokasi tes pusat UTBK di ITERA, juga langsung memilih ITERA dan Prodi pilihan.

Apa itu Tes Potensi Skolastik (TPS)?

TPS mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah KEMAMPUAN PENALARAN UMUM, KEMAMPUAN KUANTITATIF, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM, serta KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.

Bagikan informasi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *