SOP Tes Berbasis Daring Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Khusus ITERA Tahun 2020

Home > Informasi PMB ITERA > SOP Tes Berbasis Daring Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Khusus ITERA Tahun 2020

SOP Tes Berbasis Daring Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Khusus ITERA Tahun 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Diberitahukan kepada seluruh peserta yang lolos seleksi berkas USM Prestasi Khusus tahun 2020, untuk mengikuti SOP sebagai berikut.

Peserta wajib menyiapkan Kartu Identitas (e-KTP), Bukti Pembayaran, dan Kartu Tes Peserta untuk keperluan verifikasi. Bagi peserta yang belum mempunyai e-KTP, mohon juga menyiapkan identitas lain (SIM/Paspor/surat domisili/Ijazah). Silakan menandatangani dan menempel foto pada Kartu Tes Peserta yang dapat dicetak dengan login pada lamanhttp://usm-pk.itera.ac.id/

Bersama SOP ini terlampir susunan pelaksanaan (rundown) Tes SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR Berbasis Daring sebagai gambaran pelaksanaan saat tes wawancara berlangsung.    

SYARAT PESERTA

  1. Peserta tes dibuktikan kartu identitas KTP/SIM/Surat Keterangan Domisili/ijazah
  2. Peserta harus menyiapkan dokumen-dokumen asli sesuai yang diupload dan pengisian data saat pendaftaran.
  3. Memiliki kemampuan untuk menjalankan komputer dengan terampil dan tidak memiliki hambatan penglihatan (calon peserta dengan disabilitas akan diberikan perlakuan tersendiri).
  4. Mampu menyediakan perangkat sesuai kriteria yang ditentukan.
  5. Peserta harus siap menampilkan prestasi yang dihasilkan sesuai kategori sertifikat juara yang diupload pada saat pendaftaran dihadapan Tim Penilai
  6. Peserta  khusus prestasi (paduan suara, alat musik dan renang) diharapkan membawa video saat pelaksanaan tes dan mengirimkan link video yang memuat kemampuan dalam prestasi non akademik tersebut via channel youtube/instagram dengan mengirimkan link video tersebut  melalui email kepada panitia seleksi sebelum pelaksanaan tes wawancara tanggal 24 Agustus 2020.
  7. Peserta  khusus prestasi (LKTI) diharapkan membawa/menunjukan karya tulis yang dihasilkan pada saat pelaksanaan tes wawancara tanggal 24 Agustus 2020.

PERANGKAT YANG PERLU DISIAPKAN (SYARAT WAJIB)

  1. Menyediakan perangkat komputer (PC/laptop) dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • ukuran layar monitor minimal 12″,
    • sistem operasi Windows (minimal OS Windows 7),
    • memiliki fasilitas audio dan video webcam yang dapat berfungsi dengan baik,
    • memiliki program browser internet (Firefox) atau Google Chrome,
    • mematikan antivirus dan update otomatis sistem Windows pada saat pelaksanaan tes.
  1. Memiliki akses internet yang lancar dan stabil minimal 4G/10Mbps.
  2. Menyediakan kuota internet yang cukup (minimal 3GB) atau mengakses wifi dari penyedia layanan (provider) yang lancar dan stabil.
  3. Menyediakan telepon pintar yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp (WA) sebagai media komunikasi dengan panitia seleksi.
  4. Menyediakan meja-kursi dengan latar belakang tembok dengan jarak tidak lebih dari 2 meter.
  5. Meja harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop, alat peraga bakat prestasi dan alat tulis (pena/pensil dan kertas)
  6. Ruangan tes harus memiliki atau mendapatkan sinar yang terang.
  7. Tersedia UPS (PC) atau pastikan baterai laptop dalam kondisi baik sebagai antisipasi apabila terjadi mati listrik. Pastikan laptop terhubung dengan daya selama pelaksanaan tes berlangsung.

PERSYARATAN PARTISIPASI KETIKA PELAKSANAAN

  1. Peserta mengenakan kemeja atau blus berwarna putih dan tidak menggunakan topi. Khusus wanita berkerudung disarankan menggunakan kerudung berwarna cerah.
  2. Ketika mengikuti tes peserta sudah menempati meja yang telah disesuaikan dengan persyaratan selama proses tes berlangsung.

PERATURAN PELAKSANAAN

  1. Peserta harus mengikuti tes wawancara secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang lain.
  2. Peserta tidak diperbolehkan mendokumentasikan kegiatan tes wawancara.
  3. Peserta tidak diperbolehkan menyebarluaskan seluruh panduan dan dokumen pendukung Tes wawancara.
  4. Peserta tidak diperbolehkan menyimpan seluruh panduan dan dokumen pendukung setelah selesai melaksanakan Tes wawancara.
  5. Panitia berhak menghentikan proses Tes wawancara yang sedang berjalan atau tidak mengeluarkan hasil seleksi jika mendapati peserta melakukan tindakan kecurangan atau pelanggaran peraturan.

PROSEDUR DAN KETETAPAN SELAMA PELAKSANAAN

  1. Peserta harus masuk online meeting conference tepat waktu sesuai jadwal.
  2. Peserta harus sudah menginstall perangkat online meeting conference atau masuk secara browser online yang ditetapkan oleh panitia. Peserta yang belum menginstall atau masuk online akan dikeluarkan dari partisipasi pada hari/sesi tes tersebut dan dinyatakan didiskualifikasi.
  3. Peserta diperkenankan menyiapkan pena dan lembar kertas polos untuk keperluan coret-coret serta alat peraga untuk menampilkan prestasi sesuai bidang masing-masing.
  4. Peserta dilarang menggunakan alat bantu hitung maupun alat bantu lainnya selama mengerjakan tes.
  5. Selama pelaksanaan tes wawancara peserta menghadap ke layar monitor dengan posisi sesuai dengan aturan (100 persen wajah dan bahu tampak terlihat di layar monitor).
  6. Selama pelaksanaan tes wawancara peserta harus on microphone dan webcam
  7. Jika terjadi putus koneksi internet pada server maka panitia akan mengulangi proses pelaksanaan Tes wawancara setelah koneksi tersambung.
  8. Jika terjadi putus koneksi pada internet, video (webcam), atau audio (microphone dan speaker) pada peserta maka tester/panitia akan memutuskan apakah peserta diperbolehkan melanjutkan tes wawancara yang sudah dilaksanakan atau tidak, berdasarkan informasi dan data dari Admin IT.
  9. Peserta wajib terhubung dengan panitia melalui Google Meeting mulai dari proses verifikasi data sampai dengan selesai pengerjaan tes wawancara. Pastikan audio dan video pada Google Meeting berjalan lancar.
  10. Peserta yang tidak hadir dalam Google Meeting dan tidak melalui proses verifikasi data dinyatakan didiskualifikasi.
  11. Peserta yang mengalami kendala teknis saat pelaksanaan tes wawancara telah dimulai dan kendala peserta tidak dapat melaksanakan tes/menyelesaikan tes dinyatakan didiskualifikasi. 

SUSUNAN PELAKSANAAN TES BERBASIS DARING JALUR PRESTASI KHUSUS DI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

WaktuUraian KegiatanCatatan
Paling lambat join di google classroom maksimal pukul 07.00 WIB tanggal 24 Agustus 2020Peserta masuk google classroom sesuai bidang kategori untuk mendapatkan pengarahan jadwal dan mendapatkan link google meetingPeserta join di google classroom dengan kode kelas sebagai berikut : Bidang olahraga             : e47jk5hBidang pramuka             : cvb45pnBidang Religi                  : uosyjj4Bidang Seni dan Sastra  : vlc4gufBidang IT dan Robotic   :6qtcsxfBidang Beladiri             : p5e3ldhBidang OSN dan LKTI : yhf4ixt
5 menit sebelum jadwal peserta masing-masingPeserta bersiap masuk google meetingMeeting ID dan meeting password diinformasikan melalui google classroom/emailPeserta sudah membuka aplikasi/online meeting Peserta menyiapakan dokumen asli untuk verifikasi berkas sesuai yang diupload saat pendaftaran
5 menit verifikasi data setiap pesertaPengkondisian dan verifikasi dataPeserta hadir dan dimasukkan ke ruang kelas online masing-masingPastikan audio dan video dalam aplikasi meeting online berjalan lancarVerifikasi data peserta dilakukan di kelas masing-masingPengawas membacakan tata laksana tes
5 menitPanitia/panelis melaksanakan instruksi tesPeserta mematikan microphone dan tetap menyalakan webcam/video tetap on
15 sd 20 menit untuk 1 pesertaProses pengerjaan TesPeserta mengikuti pelaksanaan tes wawancara masing-masing tanpa dibantu oleh pihak lain dengan ketentuan akan dimonitor terus oleh pengawas dan peserta harus menyalakan webcam/video Peserta yang telah  menyelesaikan tes wawancara, diperkenakan untuk leave meeting atas izin dari pengawas/panitiaPeserta akan mengikuti tes sesuai jadwal dan room meeting masing-masing set

Standar Operasional Prosedur (SOP) tes berbasis daring ini, untuk kelancaran teknis pelayana selama pelaksanaan tes wawancara seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi khusus di Lingkungan Institut Teknologi Sumatera.

Bagikan informasi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *