Tips Memilih Jurusan / Program Studi di ITERA.

Home > INFO > Tips Memilih Jurusan / Program Studi di ITERA.

Tips Memilih Jurusan / Program Studi di ITERA.

Gerbang ITERA
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Pendaftaran mahasiswa baru tahun 2020 telah dimulai sejak diumumkan pada akhir tahun 2019 lalu. Ada beberapa perubahan dalam sistem, salah satunya adalah pemeringkatan yang dilakukan terlebih dahulu di sekolah masing-masing untuk menentukan berapa banyak siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN dan juga kewajiban mendaftar akun LTMPT yang dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN dan SBMPTN.

Memilih jurusan (program studi) untuk kuliah bukan hal semudah membalik telapak tangan. Memilih jurusan yang terburu-buru tanpa pertimbangan yang matang tanpa melihat segala aspek akan berakibat menyesal di kemudian hari, karena kesalahan dalam memilih program studi akan menghasilkan dampak bagi masa depan kamu. Yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan program studi adalah mengatur strategi yang baik dan tepat dalam memilih jurusan, terutama jurusan /program studi yang ada di ITERA.

Sebelum kita bahas lebih detail, mari kita baca terlebih dahulu, apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam memilih jurusan agar tidak salah pilih, terutama dalam SNMPTN dan SBMPTN 2020 ini.

  1. Sebelum mendaftar SNMPTN 2020, pastikan kamu sudah masuk ke dalam peringkat yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2020.
  2. Pastikan juga data diri kamu terdaftar di PDSS, serta telah memiliki akun LTMPT yang digunakan untuk masuk portal LTMPT dan memilih jurusan.
  3. Kamu hanya bisa memilih dengan ketentuan sebagai berikut: Maksimum pilihan adalah 2 (dua) program studi di 1 (satu) PTN yang sama. misal, pilihan 1 adalah Farmasi ITERA dan pilihan 2 adalah Teknologi Pangan ITERA, atau
  4. Memilih masing-masing 1 program studi di PTN yang berbeda. Misalnya Pilihan 1 adalah Teknik Informatika di ITB dan pilihan 2 adalah Teknik Informatika di ITERA, atau
  5. Memilih hanya 1 program studi di satu PTN. Misalnya Pilihan 1 adalah Biologi ITERA.
Gerbang ITERA

Jika sudah mengetahui persyaratan, dan aturan teknik dalam memilih jurusan di SNMPTN 2020, maka berikut ini adalah strategi untuk memilih jurusan atau program studi di SNMPTN 2020 dan SBMPTN 2020.

  1. Pilih sesuai dengan keinginan dan cita-cita

Cita-cita yang sudah kamu impikan bisa diraih dengan memilih jurusan yang sesuai. Jika kamu bercita-cita membuat sebuah bangunan dengan keindahan yang hakiki, kamu bisa memilih Program Studi Arsitektur ITERA sebagai salah satu contohnya. Pilihlah jurusan program studi yang berkaitan erat dengan cita-cita yang telah kamu impikan, dan yakin bahwa program studi tersebut mampu membawa kamu meraih cita-citamu. Pertimbangkan juga pilihan kedua, yang paling tidak sesuai dengan cita-cita kamu. Misalkan saja selain ingin menjadi seorang arsitek, kamu juga memiliki cita-cita mengelola hutan Indonesia, maka pertimbangkan untuk memilih Program Studi Rekayasa Kehutanan ITERA.

  1. Piih sesuai minat, bakat, dan kemampuan, jangan karena ajakan teman

Jangan sampai karena jurusan program studi tersebut kamu pilih karena ajakan teman. Pilihlah sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kamu. Misalnya kamu memiliki kemampuan lebih dalam menggambar, kamu bisa memilih Program Studi Desain Komunikasi Visual ITERA untuk menyalurkan minat dan bakat kamu, atau jika kamu memiliki kemampuan dalam kelistrikan dan instrumentasi elektronik, bisa memilih jurusan Program Studi Teknik Elektro ITERA. Diskusikan dengan guru BK dan orang tua apakah program studi yang akan kamu pilih sudah sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu.

  1. Cari informasi yang detail

Setelah mendapatkan target program studi yang kamu inginkan, cari informasi yang mendetail mengenai program studi tersebut. Cek informasi yang ada di PMB ITERA (bagian profil masing-masing program studi) dan kunjungi website dari program studi yang kamu incar

  1. Daya tampung dari jurusan/program studi

Daya tampung harus menjadi salah pedoman dalam memilih jurusan program studi. Biasanya, jurusan yang dianggap favorit dipastikan memiliki persaingan yang sangat ketat, dimana peminat sangat banyak namun kursi yang tersedia terbatas. Cek kemampuan beserta nilai raport, apakah sudah cukup ke peringkat atas untuk masuk ke dalam prodi favorit kamu. Salah satu contoh kuota mahasiswa baru adalah Program Studi Matematika sebesar 130 mahasiswa dan Program Studi Teknik Sipil sebesar 260 mahasiswa, yang keseluruhan kuota mahasiswa dapat dilihat di bagian kuota PMB ITERA.

  1. Prospek kerja.

Ingat juga, kamu perlu memperhatikan prospek dan masa depan ketika kamu memilih jurusan program studi. Akan berguna untuk meliha bagaimana peluang kerja setelah kamu lulus nanti, apakah serapannya besar atau kamu berpeluang menjadi seorang entreprenurship? Untuk diketahui, hampir sebagian besar program studi di ITERA memiliki profil lulusan sebagai enterpreneurship. Jadi, jangan kuatir untuk memilih salah satu jurusan program studi di ITERA.

  1. Restu Orang Tua

Ini adalah hal paling utama dalam menentukan program studi. Setelah memilih program studi dan mempertimbangkan banyak hal, mintalah restu orang tua agar dilancarkan jalannya dengan bantuan doa dari orang tua. Tak lupa berdoa dan berserah diri, bahwa apa pun keputusan akhir merupakan hal yang terbaik yang Tuhan berikan kepada kamu.

Itulah beberapa tips dalam memilih jurusan program studi, baik di ITERA mau pun kampus lain. Ingat, waktu pendaftaran SNMPTN 2020 akan berakhir pada tanggal 27 Februari 2020. Jadi, jangan menunda-nunda, karena semakin mendekati penutupan, maka traffic ke arah Portal LTMPT akan semakin padat. Hindari mendaftar di menit-menit akhir penutupan karena berpotensi gagal terhubung dan anda gugur dalam SNMPTN dan SBMPTN 2020

Selamat berjuang di SNMPTN dan SBMPTN 2020. Selamat datang kami ucapkan kepada calon mahasiswa ITERA yang akan berjuang untuk meraih mimpinya di ITERA. Reach your dreams!

(withlovelp)

Bagikan informasi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *