• Profil
  • Visi Misi
  • Kurikulum
  • Dosen
  • Lulusan
Tentang

Sains Lingkungan Kelautan

Sejalan dengan program pengembangan ITERA yang tertera dalam Masterplan Percepatan Pembangunan Kampus ITERA 2017-2027 dengan SK Rektor nomor 1515/IT9.A/LL/2017, maka dilakukan rencana pembukaan beberapa program studi baru, salah satunya adalah Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA. Pendirian prodi baru ini dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang dapat menerapkan ilmu atau bidang Sains Lingkungan Kelautan dalam pemanfaatan sumber hayati laut khususnya di Sumatera dan sekitarnya.

Visi & Misi

Visi

“Menjadi program studi yang bereputasi serta menjadi center of excellence wilayah Sumatera untuk pengembangan dan penerapan Ilmu Sains Lingkungan Kelautan dalam melakukan perencanaan, pengelolaan dan pemanfaatan (planning, management dan utilization) sumber daya laut (hayati dan nirhayati) yang berkelanjutan di wilayah sumatera dan sekitarnya.”

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan sains dalam bidang lingkungan kelautan untuk kesejahteraan bangsa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Sains Lingkungan Kelautan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang Sains Lingkungan Kelautan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Sains Lingkungan Kelautan
  5. Menjadi Centre of Learning dalam bidang kelautan dan menerapkan Sains Lingkungan Kelautan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Kurikulum

Sains Lingkungan Kelautan

Kurikulum yang dikembangkan untuk Program Studi Sains Lingkungan Kelautan (SLK) ITERA adalah kurikulum yang berisi matakuliah yang dapat mengakomodir lokalitas Sumatera. Kurikulum Program Studi SLK dengan mata kuliah yang diberikan kepada lulusannya yakin dan siap untuk membantu mewujudkan SDM terampil dan mampu mendalami berbagai bidang yang tertuang dalam lima pilar Poros Maritim Dunia serta tiga pilar kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan. Adapun matakuliah menarik yang bisa diambil oleh mahasiswa Prodi SLK seperti Renang dan Widya Selam; Oseanografi; Invertebrata Laut; Meteorologi Laut; Koralogi; Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis Kelautan; Ekologi Laut; Pencemaran dan Toksikologi Lingkungan Laut; Managemen Sumberdaya Pesisir, Laut, dan Pulau-Pulau Kecil; serta Instrumentasi dan Akustik Kelautan, dan berbagai matakuliah menarik lainnya.

Kurikulum SLK

Informasi lebih lanjut tentang kurikulum SLK silahkan klik tombol dibawah ini.

Prospek

Prospek Lulusan

Prospek karir bagi mahasiswa lulusan Program Studi Sains Lingkungan Kelautan seperti:

  1. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia;
  2. Kementerian Koordinator Kemaritiman (Kemenko-Maritim) Republik Indonesia;
  3. Lembaga Riset dan Pengembangan (BPPT, LIPI, BIG, LAPAN, BMKG dll);
  4. Non-Government Organization (NGO) seperi World Wildlife for Nature (WWF), Wildlife Conservation Sociert (WCS), Greenpeace, Conservation International (CI), dll;
  5. Perusahaan BUMN (Perindo, Perinus, dll);
  6. Dosen dan Peneliti;
  7. Konsultan Ahli;
  8. Enterpreneurship dibidang Kelautan;
  9. Perusaan Swasta yang memiliki fokus terhadap bidang Kelautan dan Perikanan.