• Profil
  • Kurikulum
  • Dosen
  • Lulusan

Program Studi Teknik Biomedis

Teknik Biomedis merupakan ilmu multidisiplin dari bidang ilmu keteknikan dan ilmu dasar seperti biologi, kimia, fisika dan matematika serta ilmu kedokteran untuk diaplikasikan dalam teknologi medik. Seiring berkembangnya zaman dan pola hidup manusia, perubahan dalam mekanisme kehidupan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang kompleks. Teknik Biomedis berperan dalam mengupayakan peningkatan dalam dunia kesehatan, contohnya dalam hal deteksi dini, diagnosa, terapi, rehabilitasi dan pengobatan berbagai penyakit. Dengan peran tersebut, maka Program Studi Teknik Biomedis berbeda dengan Program Studi Keteknikan yang lain, namun masih memiliki akar keilmuan yang sama dan bidang keilmuan yang beririsan. Lebih dari itu Teknik Biomedis ITERA juga harus bisa berbeda dengan prodi teknik biomedik lainnya di Indonesia dengan lebih menekankan pada peningkatan kualitas hidup manusia, bukan hanya peningkatan layanan kesehatan, dengan memanfaatkan biodiversitas yang ada di Indonesia, dan terutama di Sumatera.

Program Studi Teknik Biomedis ITERA memiliki visi keilmuan untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia serta inovasi teknologi biomedik yang unggul di tingkat nasional, regional, dan internasional dengan keunikan program studi yang meliputi bidang peminatan sistem dan perangkat biomedik serta peminatan rekayasa sel, jaringan, dan organ. Dari sisi sistem atau bahan yang menjadi fokus kajian, baik dalam kelas maupun tugas akhir, kajian akan berfokus pada sistem, perangkat, bahan, maupun kondisi infrastruktur fasilitas kesehatan di Pulau Sumatera.

Visi

Menjadi program studi unggulan yang berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia yang kompeten di wilayah Sumatera pada bidang perancanganinovasiserta penerapan teknologi kesehatan secara berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan SDM/lulusan yang mampu merancang, berinovasi, serta menerapkan teknologi kesehatan secara berkelanjutan.

  2. Menyelenggarakan dan mendukung kegiatan penelitian di bidang teknik biomedik.

  3. Melakukan kerjasama dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang teknik biomedis.

Website

http://bm.itera.ac.id/akademik/kurikulum/

Dosen

 

Prospek Lulusan

Lulusan Program Sarjana Teknik Biomedik diharapkan memiliki profil sebagai berikut:

  1. Dapat merancang dan mengembangkan alat dan teknologi kesehatan,
  2. Dapat berpartisipasi dalam bisnis alat dan teknologi kesehatan,
  3. Dapat melakukan penelitian dalam bidang material, alat dan teknologi kesehatan,
  4. Dapat membina dan mengelola penggunaan alat dan teknologi kesehatan,
  5. Dapat melanjutkan pendidikan dalam bidang teknik biomedik.

.