Program Studi Sains Aktuaria

Aktuaria merupakan suatu disiplin yang menerapkan ilmu matematika dan metode statistika untuk memprediksi risiko pada bisnis asuransi, dana pensiun, serta industri keuangan.

Program Studi Sains Aktuaria memiliki kurikulum yang komprehensif serta aplikatif pada permasalahan kebencanaan maupun potensi yang ada di pulau sumatera. Beberapa mata
kuliah yang diberikan antara lain matematika keuangan, asuransi umum, asuransi jiwa, mikroekonomi, makroekonomi, teori risiko, mitigasi bencana, serta mata kuliah statistika.

Kurikulum juga didesain selaras dengan kurikulum Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) sehingga mahasiswa maupun lulusan dapat menyelesaikan ujian yang diselenggarakan oleh PAI. Selain itu, lulusan Sains Aktuaria ITERA diharapkan dapat ikut serta menjadi problem solver persoalaan kebencanaan, ketenagakerjaan maupun kepariwisataan di Indonesia khususnya di pulau Sumatera.

Visi

Menjadi program studi Sains Aktuaria yang mampu menyelesaikan permasalahan aktuaria pada bidang kebencanaan, ketenagakerjaan dan kepariwisataan di Indonesia khususnya Sumatera.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan di bidang aktuaria dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing nasional maupun internasional.
  2. Menjadi pusat studi aktuaria yang berperan aktif dalam mengembangkan ilmu aktuaria serta bersinergi dengan kemajuan zaman.
  3. Menerapkan ilmu aktuaria dalam menyelesaikan permasalahan kebencanaan, ketenagakerjaan dan kepariwisataan di masyarakat, industri dan pemerintahan.

[maxbutton id=”2″ ]

Prosepek Karir

  1. Lembaga Keuangan
    1. Asuransi Jiwa
    2. Asuransi Umum
    3. Asuransi Kesehatan
    4. Dana Pensiun
    5. Kebijakan dan Jaminan Sosial
    6. Keuangan, Perbankan, Investasi dan Manajemen Resiko
  2. Konsultan Aktuaria
  3. Akademisi
    1. Dosen
    2. Peneliti
  4. dll.