Panduan Pelaksanaan SMM PTN-Barat di ITERA

Home > Panduan Pelaksanaan SMM PTN-Barat di ITERA

Protokol Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMM PTN-Barat di ITERA

Panduan protokol kesehatan dan denah untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMM PTN-Barat di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) 2021 selama pandemi Covid-19.

HITUNG MUNDUR SMMPTN

  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Seconds

Panduan PUSAT UTBK SMM PTN-Barat ITERA 2021

Unduh Buku Panduan Pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK Institut Teknologi Sumatera. Patuhi segala protokol kesehatan dan Ujian yang tertera pada Buku Panduan Pelaksanaan UTBK, Pusat UTBK ITERA.

PROSEDUR PELAKSANAAN UTBK ITERA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Untuk mempermudah peserta dalam memahami prosedur pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK ITERA, silakan menyaksikan video panduan pelaksanaan UTBK di ITERA

Play Video

Persiapan Sebelum Pelaksanaan Ujian

berkerah

Perlengkapan ujian

Pada saat ujian, peserta hanya diperbolehkan mengenakan pakaian rapi, WAJIB menggunakan KEMEJA DAN BERSEPATU. Perlengkapan  yang wajib dibawa adalah Kartu Tanda Peserta Ujian, salinan Ijazah terlegalisasi (angkatan 2019 dan 2020) atau Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan, foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan Kepala Sekolah atau Identitas lain berfoto, dan masker. Tidak diperkenankan membawa peralatan lain selain yang diijinkan ke dalam ruangan tes UTBK.

021-stay home

Jaga Kesehatan Diri

Peserta diwajibkan menjaga kesehatan dirinya sendiri hingga  pelaksanaan ujian di Pusat UTBK ITERA. Disarankan untuk  tetap di rumah sebelum pelaksanaan ujian.

061-lokasi

Ketahui Lokasi Ujian

Peserta diperkenankan untuk mengecek lokasi tes di Pusat UTBK ITERA dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak pada H-1 ujian, akan tetapi peserta TIDAK diperkenankan untuk masuk ke Gedung Ujian. Ketahui juga  jarak tempuh dari tempat tinggal Anda ke Pusat UTBK ITERA untuk menghindari keterlambatan.

062-time travelling

Waktu Tempuh

Peserta diwajibkan mengetahui perkiraan waktu tempuh dari tempat tinggal ke lokasi Pusat UTBK ITERA. Lokasi pelaksanaan ujian berada di 2 Gedung yaitu, Gedung Laboratorium Teknik 1 dan Gedung Laboratorium Teknik 3.

002-covid

Patuhi Semua Protokol Kesehatan!

Kunci pelaksanaan UTBK adalah mematuhi peraturan yang berlaku, baik yang dikeluarkan oleh BKS-PTN Barat dan juga Institut Teknologi Sumatera sebagai Pusat UTBK yang ada di Provinsi Lampung.
Protokol kesehatan perlu diterapkan agar suasana aman dan nyaman dalam menjalankan ujian dapat terlaksana, serta mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan Pusat UTBK ITERA.

Syarat Wajib Sebelum Ikut UTBK SMMPTN-BARAT DI ITERA

Sehat

Hanya peserta yang sehat yang diperbolehkan ujian. Peserta dengan suhu lebih dari 37,5 C tidak diperkenankan mengikuti ujian di ITERA. Jika ada kendala kesehatan, silakan melaporkan ke Pusat UTBK ITERA.

Rapid Test Antigen

Peserta dari luar Provinsi Lampung diperkenankan mengikuti UTBK di Pusat UTBK ITERA dengan syarat WAJIB membawa bukti Rapid Test Antigen dengan hasil NEGATIF yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam pada saat ujian.*

*) Rapid Test Antigen berdasarkan rekomendasi Satgas Covid-19 Provinsi Lampung

Pelaksanaan Ujian

Teknis pelaksanaan ujian untuk peserta yang mengikuti ujian di pusat UTBK Institut Teknologi Sumatera meliputi sebelum pelaksanaan ujian, saat ujian berlangsung hingga pasca pelaksanaan ujian.

Persiapan Ujian

  1. Peserta wajib melaksanakan protokol pencegahan Covid 19, menjaga kesehatan, dan tetap berada di rumah hingga  pelaksanaan tes SMMPTN Barat.
  2. Seluruh peserta wajib menggunakan masker dan/atau peralatan kesehatan lain seperti sarung tangan dan face shield (jika diperlukan) dan dianjurkan membawa hand sanitizer.
  3. Peserta mengikuti prosedur pengecekan suhu tubuh di lokasi SMMPTN Barat. Peserta yang diperkenankan mengikuti ujian adalah yang  suhu tubuhnya di bawah 37,5°C.
  4. Peserta yang suhu tubuhnya di atas 37,5°C harus mengikuti pemeriksaan lanjutan oleh tim medis Pusat SMMPTN Barat ITERA.
  5. Peserta yang oleh tim medis Pusat SMMPTN Barat ITERA dinyatakan bebas gejala Covid-19 diizinkan untuk mengikuti ujian.
  6. Peserta yang oleh tim medis Pusat SMMPTN Barat ITERA diduga memiliki gejala Covid-19 tidak diperkenankan mengikuti ujian, dan  akan ditindaklanjuti sesuai protokol penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  7. Peserta sesuai poin (6) dapat mengajukan pengubahan jadwal ujian sesuai ketentuan dari LTMPT.
  8. Peserta yang tidak memenuhi protokol kesehatan Covid 19 tidak diperkenankan mengikuti ujian di Pusat SMMPTN Barat ITERA.
  9. Peserta dari luar Provinsi Lampung diperkenankan mengikuti SMMPTN Barat di Pusat SMMPTN Barat ITERA dengan syarat WAJIB membawa bukti Rapid Test Antigen dengan hasil NEGATIF yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 hari pada saat ujian.
  10. Peserta harus mencuci tangan di tempat yang telah disediakan sebelum memasuki gedung lokasi ujian.
  11. Peserta tidak diperkenankan masuk ke ruang ujian sebelum dipersilahkan oleh pengawas.
  12. Peserta diwajibkan menunggu di ruang transit yang telah disediakan di setiap gedung lokasi ujian.
  13. Peserta wajib mematuhi protokol kesehatan selama berada di ruang transit, yaitu: menjaga jarak, menjaga interaksi dengan  peserta lainnya, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan  mulut.
  14. Peserta diwajibkan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan sebelum memasuki ruang ujian.
  15. Peserta diwajibkan menjaga jarak minimal 1 (satu) meter saat antri memasuki ruang ujian.
  1. Semua protokol teknis ujian SMMPTN Barat tetap berlaku selama pelaksanaan SMMPTN Barat dengan penyesuaian protokool kesehatan
  2. Peserta tetap diwajibkan menggunakan masker dan/atau peralatan kesehatan lain seperti sarung tangan, face shield (jika  diperlukan) dll.
  3. Peserta tidak diperkenankan membawa alat tulis dan/atau perlengkapan lain ke dalam ruangan.
  4. Peserta tidak diperkenankan saling meminjam alat tulis dan/atau perlengkapan lain selama ujian.
  5. Bagi peserta yang merasakan indikasi permasalahan kesehatan saat ujian harus tetap mengikuti protokol kesehatan
  1. Semua Protokol teknis tetap berlaku pasca pelaksanaan SMMPTN Barat.
  2. Peserta dapat meninggalkan ruang ujian setelah mendapat instruksi dari pengawas dengan membawa seluruh  perlengkapan pribadi serta alat tulis yang diberikan secara mandiri. Khusus kertas buram, wajib dibuang pada tempat yang  telah disediakan di masing-masing ruangan.
  3. Peserta keluar ruangan ujian dengan tertib dan menjaga jarak minimal 1 (satu) meter.
  4. Peserta ujian diwajibkan menghindari kerumunan, serta segera meninggalkan area kampus ITERA.
  5. Peserta yang masih harus menunggu di area kampus ITERA, karena menunggu kendaraan pulang atau masalah  administrasi diwajibkan untuk menghindari kerumunan

Denah Lokasi dan Alur Masuk Pusat UTBK ITERA

Lokasi Institut Teknologi Sumatera

047-stop-1

Peserta UTBK masuk dari Gerbang Utama ITERA akan dilakukan pemeriksaan suhu badan oleh SATGAS COVID-19 ITERA sesuai prosedur New Normal ITERA

PINTU KELUAR

Penjemputan peserta UTBK bisa dilakukan di jalur keberangkatan transit lebih kurang 30 detik, selanjutnya keluar menuju lingkar barat dan pintu keluar dari arah gedung F. 

PINTU MASUK

Peserta UTBK yang diantar menggunakan mobil dan motor turun di pintu kedangan, selanjutnya keluar menuju lingkar barat dan menuju pintu keluar dari arah gedung F.

Pengantar peserta UTBK tidak diperbolehkan parkir atau menunggu di dalam lingkungan kampus.

037-lane

Peserta UTBK masuk melewati sisi kiri jalan menuju gedung kawasan ujian Labtek 1, 2 dan 3 dengan satu lajur/searah

034-no-parking

Setelah diantar dan turun di depan gedung ujian, mobil pengantar bisa langsung jalan keluar menuju gerbang utama ITERA. Pengantar tidak diperkenankan menunggu di dalam area ITERA. Jika harus menunggu, pastikan bahwa tetap menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.

016-turn-left-2

Pintu keluar searah dari bundaran lingkar barat ITERA terus melewati Gedung F dan menuju ke gerbang utama

Denah Lokasi Ruang Ujian

047-stop-1

Peserta masuk melalui gerbang GKU, dan dilakukan pemeriksaan dokumen yang diperlukan. 

Peserta yang membawa kendaraan roda dua wajib keluar dan masuk ke lokasi ujian melalui pintu masuk area GKU.

042-washing hands

Peserta WAJIB cuci tangan sebelum masuk ke dalam gedung

042-washing hands

Peserta WAJIB cuci tangan sebelum masuk ke dalam gedung

042-washing hands

Peserta WAJIB cuci tangan sebelum masuk ke dalam gedung

021-parking

Lokasi parkir peserta ujian yang membawa kendaraan roda dua.

021-parking

Lokasi parkir peserta ujian yang membawa kendaraan roda empat.

016-turn-left-2

Peserta yang membawa kendaraan roda dua wajib keluar dan masuk ke lokasi ujian melalui pintu masuk area GKU.

Denah Lantai Gedung Ujian

Gedung Laboratorium Teknik 1

Pada Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) 1 terdapat 4 (empat) ruang ujian dan ruang tunggu yang dapat Anda lihat denahnya sebagai berikut:

Gedung Laboratorium Teknik 3

Pada Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) 3 terdapat 4 (empat) ruang ujian dan ruang tunggu yang dapat Anda lihat denahnya sebagai berikut:

Denah Meja dan Komputer Peserta Ujian

Gedung Laboratorium Teknik 1

Pada Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) 1 terdapat 4 (empat) ruang ujian, untuk denah komputer dari masing-masing ruang peserta dapat melihat detail berikut ini:

Gedung Laboratorium Teknik 3

Pada Gedung Laboratorium Teknik (Labtek)3 terdapat 4 (empat) ruang ujian, untuk denah komputer dari masing-masing ruang peserta dapat melihat detail berikut ini: