Ini Dia Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dalam UTBK 2019

Home > INFO > Ini Dia Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dalam UTBK 2019

Ini Dia Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dalam UTBK 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTKBK) merupakan salah satu syarat bagi peserta lulusan SMA/MA/SMK tahun 2017 – 2019 untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN. Pelaksanaan UTBK tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu, dimana peserta akan mengerjakan soal ujian dengan menggunakan komputer untuk mengisi jawaban dari soal yang tersedia. Selain itu, proses pendaftaran ke perguruan tinggi juga berubah alurnya. Peserta akan mendapatkan skor hasil ujian yang dapat digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi yang diinginkan.

Sebagai salah satu institusi perguruan tinggi di Sumatera, ITERA diamanatkan menjadi salah satu Pusat UTBK 2019, dimana ITERA dapat menyelenggarakan kegiatan UTBK dengan bekerja sama dengan mitra yang berada di sekitarnya. di tahun awal sebagai Pusat UTBK 2019 ini, ITERA telah menerima sebanyak 10.146 peserta UTBK, dengan rincian 6.393 peserta yang akan mengikuti seleksi di gelombang pertama, dan 3.753 peserta di gelombang kedua.

Pelaksanaan UTBK dilakukan mulai tanggal 13 April 2019 hingga 26 Mei 2019, dimana ujian dilaksanakan hanya pada hari sabtu dan minggu dengan dua sesi di tiap harinya. Demi kelancaran dalam mengikuti seleksi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta ujian.

Mengetahui lokasi ujian merupakan hal awal yang perlu untuk diperhatikan. Menentukan lokasi ujian yang dekat dengan tempat tinggal, merupakan salah satu strategi awal yang baik agar dapat menuju lokasi ujian dengan aman dan nyaman karena dekat dengan tempat tinggal. Jika sudah memilih lokasi ujian, pastikan bahwa ruang ujian sudah diketahui minimal 1 hari sebelum pelaksanaan ujian. Selain berada di kampus ITERA, Pusat UTBK ITERA juga menyelenggarakan test di beberapa tempat mitra yang bekerja sama dengan ITERA, antara lain IBI Darmajaya, SMAN 5 Bandar Lampung, SMK BLK Bandar Lampung, SMKN 7 Bandar Lampung, dan MAN 1 Bandar Lampung. Jangan sampai terlewat, mendaftar UTBK di ITERA, bisa jadi pelaksanaan ujian ada di IBI Darmajaya atau mitra lainnnya.

Waktu pelaksanaan ujian juga perlu diwaspadai. Sesi 1 dilaksanakan mulai 7.30 pagi dan berakhir pada 11.45. Sedangkan sesi 2 dilaksanakan mulai pukul 12.30. Datang minimal 30 menit sebelum pelaksanaan ujian. Ujian Tertulis Berbasis Komputer ini juga memaksa peserta agar tepat waktu, karena pelaksanaan ujian benar-benar dilaksanakan on-time sesuai dengan sistem ujian yang menggunakan komputer. Jangan lupa untuk sarapan yang cukup ya..

Membawa persyaratan yang dibutuhkan wajib untuk ditaati. Ini bertujuan agar peserta dapat melaksanakan ujian dengan nyaman. Peserta hanya cukup membawa Kartu Ujian, Surat keterangan duduk di kelas 12 asli yang ditandatangi oleh kepala sekolah serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN Sekolah dan pas foto 3 bulan terakhir, atau Ijazah SMA yang berlaku (tahun 2017 – 2018), dan kartu identitas/KTP (Jika diperlukan). Barang-barang lain yang tidak dibutuhkan sebaiknya tidak dibawa atau disimpan pada tas. Jika membawa handphone, maka wajib untuk dimatikan dan disimpan pada tas sebelum masuk ke ruang ujian.

Mengikuti tata tertib dan peraturan yang berlaku juga penting untuk diikuti. Tata tertib paling umum adalah tidak melakukan tindak kecurangan. Segala bentuk kecurangan, tentu saja akan berakibat buruk bagi peserta.

Selain beberapa hal penting di atas, satu hal yang kadang luput menjadi perhatian adalah rileks dalam mengikuti UTBK. Stress atau kekuatiran berlebih dalam mengerjakan ujian, justru dapat mengurangi kemampuan dalam mengerjakan soal. Jangan lupa, peserta UTBK diperbolehkan emngikuti UTBK maksimal 2 kali dengan ketentuan sebagai berikut: UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali. Tentu saja, jika sudah sangat yakin, peserta bisa mengikuti UTBK sekali saja.

Test UTBK dimana saja, ITERA tetap tujuannya.
Semangat!

Bagikan informasi ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *