Mahasiswa baru Angkatan 2022/2023 ITERA yang telah mengisi Data Induk Mahasiswa (DIM) dan SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN UKT, DIWAJIBKAN untuk melakukan verifikasi berkas fisik secara langsung di Gedung E Lantai 2, ITERA. Mahasiswa Baru di-WAJIB-kan hadir dan tidak diperbolehkan diwakilkan.
Untuk Diperhatikan!
Pada saat verifikasi berkas fisik, pengantar hanya diperbolehkan mendampingi sampai di jalan masuk Gedung E, selanjutnya Mahasiswa Baru wajib melakukan verifikasi berkas fisik dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan panitia. Pendamping tidak diperkenankan memasuki gedung.
Himbauan
Himbauan untuk Mahasiswa Baru terkait dengan pelaksanaan Verifikasi berkas fisik adalah sebagai berikut:
Wajib memasang aplikasi Peduli Lindungi pada Ponsel
Bagi Mahasiswa Baru yang berasal Provinsi Lampung minimal telah menerima Vaksin dosis ke-2 yang dibuktikan dengan Aplikasi Peduli Lindungi ataupun Surat Keterangan dari yang berwenang. Jika Mahasiswa Baru tidak dapat memenuhi hal tersebut, maka Mahasiswa Baru wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam
Bagi Mahasiswa Baru yang berasal Luar Provinsi Lampung dan telah menerima Vaksin Booster (ke-3) yang dibuktikan dengan Aplikasi Peduli Lindungi ataupun Surat Keterangan dari yang berwenang. Jika Mahasiswa Baru baru menerima Vaksin Dosis ke- 2 maka Mahasiswa baru wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Jika Mahasiswa Baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan (sesuai dengan peraturan yang berlaku)
Dokumen Verifikasi Berkas Fisik
Dokumen-dokumen persyaratan disusun sesuai urutan yang tertera pada tabel persyaratan berkas, disimpan dalam MAP KERTAS berwarna dan pada bagian depan ditulis NAMA CALON MAHASISWA BARU dan PROGRAM STUDI dengan ketentuan warna map, yaitu:
Semua peserta wajib membawa berkas yang telah ditetapkan sesuai dengan Kartu DIM. Apabila camaba belum melengkapi persyaratan data DIM maka camaba tersebut tidak dapat mencetak Kartu DIM. Silahkan ikuti persyaratan berkas disamping ini.
Tambahan:
Bagi yang mengajukan KIP-K namun di tolak pengajuan KIP-K nya maka camaba tersebut tetap diharuskan membawa berkas KIP-K.
Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya
Asli dan 1 lembar fotocopy
3.
Kartu Pendaftaran KIP-Kuliah (Untuk pendaftar KIP)
Asli dan 1 lembar fotocopy
4.
Kartu uang elektronik. Misalnya: e-Money (Mandiri), Brizzi (BRI), Tap-cash (BNI) atau kartu uang elektronik lainnya.
Asli dan 1 lembar fotocopy
5.
Asuransi (minimal BPJS, diperbolehkan menggunakan asuransi lain).
Diperbolehkan menggunakan bukti pendaftaran BPJS apabila kartu belum dimilili
Asli dan 1 lembar fotocopy
6.
Bukti pembayaran UKT (dan Bukti Pembayaran SPI untuk pendaftar jalur SMMPTN)
Asli dan 1 lembar fotocopy
7.
Cetak Kartu DIM
Asli 2 rangkap
8.
Surat keterangan bebas narkoba (dari BNN atau rumah sakit)
Asli dan 1 lembar fotocopy
9.
Cetak kartu peserta SNMPTN/SBMPTN/SMMPTN/USM-PK
Asli dan 1 lembar fotocopy
10.
Rapor SMA/Sederajat: Halaman biodata diri dan halaman nilai rapor semester 1 s.d. 6 atau 1 s.d. 5 (jika semester 6 belum ada)
Asli dan 1 lembar fotocopy (dilegalisir cap basah dan di TTD)
11.
Ijazah/SKHUN/Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Kelas XII dari sekolah asal (dibubuhi tanda tangan kepala sekolah dan stempel sekolah)
Asli dan 1 lembar fotocopy
12.
Akte Kelahiran atau dokumen yang menyatakan kelahiran atau dokumen hukum yang sejenis
Asli dan 1 lembar fotocopy
13.
Kartu Keluarga
Asli dan 1 lembar fotocopy
14.
Surat keterangan bebas buta warna; WAJIB seluruh program studi kecuali program studi yang tidak mensyaratkan.
1. Matematika
2. Sains Aktuaria
3. Teknik Biosistem
4. Teknik Elektro
5. Teknik Fisika
6. Sains Data
7. Teknik Informatika
8. Sains Lingkungan Kelautan
9. Teknik Kelautan
10. Teknik Mesin
11. Teknik Sipil
12. Teknik Sistem Energi
Asli dan 1 lembar fotocopy
15.
Surat pernyataan (yang ditempel materai dan ditandatangani orang tua/wali)
Asli
16.
Berkas Fisik Portofolio, dapat berupa: Gambar naratif, gambar objek/bentuk, gambar pilihan, form orisinal karya, fotokopi sertifikat/piagam penghargaan (khusus untuk Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Arsitektur)
Asli
17.
Surat pernyataan/pendukung dari lembaga terkait untuk peserta Hafiz dan Pesparawi dan Prestasi Dharma Wacana (khusus untuk Jalur Prestasi Khusus/USM-PK)
Asli dan 1 lembar fotocopy
18
Surat pernyataan bersedia mengikuti aturan di Lingkungan Kampus Institut Teknologi Sumatera (ditempel materai) (khusus untuk Jalur Prestasi Khusus/USM-PK)
Asli
19.
Surat pernyataan bersedia mengembangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Lingkungan Kampus Institut Teknologi Sumatera (khusus untuk Jalur Prestasi Khusus/USM-PK)