Validasi Berkas Fisik dan Pembagian Atribut Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sumatera Angkatan 2021/2022

Mahasiswa baru angkatan 2021/2022 yang telah mengirimkan berkas fisik Surat Edaran Rektor Nomor T/199/IT9.A/KM.05.01/2021 Tanggal 2 Juli 2021 Tentang Verifikasi Berkas Mahasiswa Baru 2021 untuk melanjutkan proses validasi berkas fisik yang telah dikirimkan sebelumnya serta mendapatkan atribut WAJIB untuk mahasiswa meliputi seragam olah raga, jas almamater, buku panduan akademik, dan kalendar akademik.

Kegiatan Validasi Berkas Fisik dan Pembagian Atribut bersifat WAJIB untuk dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Angkatan 2021/2022 dengan membawa berkas ASLI sesuai dengan yang tertera dalam kartu DIM yang telah di unduh oleh mahasiswa saat proses pengiriman berkas fisik.

Selain berkas ASLI yang tertera di kartu DIM, mahasiswa baru yang di hubungi oleh Tim Verifikasi Berkas Fisik melalui E-Mail terkait kekurangan kelengkapan berkas maka di-WAJIB-kan untuk melengkapi kekurangan berkas tersebut.

Berikut ini informasi dan ketentuan mengenai kegiatan Validasi Berkas Fisik dan Pembagian Atribut Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sumatera.

Validasi Berkas Fisik

BERKAS PENTING

Berkas yang harus dipersiapkan oleh Mahasiswa Baru saat Validasi Berkas dan Pengambilan Atribut adalah sebagai berikut:

  1. Dokumen Asli BPJS/Kartu Indonesia Sehat/Kartu Asuransi lainnya.
  2. Dokumen Asli Rapor SMA/SMK/Sederajat Semester 1 hingga Semester 6.
  3. Dokumen Asli Ijazah SMA/SMK/Sederajat.
  4. Dokumen Asli Surat Keterangan Domisili (bagi mahasiswa yang sudah mengikut Hybrid Learning/tinggal disekitar ITERA ).
  5. Dokumen Asli Surat Keterangan Rapid Antigen (maksimal 1×24 jam sejak test) bagi mahasiswa yang tidak Hybrid Learning atau tidak tinggal di sekitar Institut Teknologi Sumatera/Bandar Lampung/Lampung Selatan dan/atau datang dari luar kota.
  6. Dokumen Asli Surat Kuasa ditanda-tangan pemberi kuasa dan yang diberi kuasa untuk melakukan validasi berkas fisik dan pengambilan atribut apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat hadir langsung di ITERA.

NB: Bagi mahasiswa baru yang berhalangan hadir langsung di ITERA maka ybs bisa mengutus teman/saudara untuk menggantikannya dengan cara memberikan surat kuasa kepada orang yang di utus untuk menggantikan. Orang yang diberi kuasa maka harus membawa berkas asli mahasiswa tersebut dengan Surat Kuasa yang sudah di tanda tangan oleh kedua belah pihak. Format surat kuasa bisa di download disini.

Berkas yang di perintahkan untuk dilengkapi saat verifikasi berkas fisik dan diinformasikan oleh verifikator melalui E-mail untuk dilengkapi saat validasi berkas fisik.

Validasi Berkas Fisik

JADWAL PRODI

No.HariTanggalSesiProgram StudiJumlah Mahasiswa
1Senin2021-11-08PagiTeknik Pertambangan214
2Senin2021-11-08PagiTeknik Biosistem57
3Senin2021-11-08SiangTeknik Geofisika175
4Senin2021-11-08SiangTeknik Sistem Energi95
5Senin2021-11-15PagiArsitektur154
6Senin2021-11-15PagiArsitektur Lanskap119
7Senin2021-11-15SiangTeknik Geomatika138
8Selasa2021-11-09PagiTeknik Industri179
9Selasa2021-11-09PagiKimia101
10Selasa2021-11-09SiangFarmasi182
11Selasa2021-11-09SiangTeknik Material65
12Selasa2021-11-16PagiTeknik Kimia152
13Selasa2021-11-16PagiTeknologi Industri Pertanian123
14Selasa2021-11-16SiangSains Aktuaria146
15Rabu2021-11-10PagiPerencanaan Wilayah dan Kota229
16Rabu2021-11-10PagiTeknik Fisika55
17Rabu2021-11-10SiangTeknik Elektro167
18Rabu2021-11-10SiangTeknik Kelautan93
19Rabu2021-11-17PagiTeknik Biomedis154
20Rabu2021-11-17PagiMatematika112
21Rabu2021-11-17SiangTeknik Mesin136
22Kamis2021-11-11PagiTeknik Informatika234
23Kamis2021-11-11PagiSains Lingkungan Kelautan50
24Kamis2021-11-11SiangTeknologi Pangan162
25Kamis2021-11-11SiangSains Atmosfir dan Keplanetan87
26Kamis2021-11-18PagiTeknik Lingkungan155
27Kamis2021-11-18PagiTeknik Geologi105
28Kamis2021-11-18SiangTeknik Perkeretaapian134
29Jumat2021-11-12PagiTeknik Sipil238
30Jumat2021-11-12PagiFisika41
31Jumat2021-11-12SiangSains Data161
32Jumat2021-11-12SiangBiologi73
33Jumat2021-11-19PagiDesain Komunikasi Visual158
34Jumat2021-11-19PagiRekayasa Kehutanan101
35Jumat2021-11-19SiangTeknik Telekomunikasi130

Validasi Berkas Fisik

WAKTU SESI

  • Sesi Pagi – Siang: Pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Sesi Siang – Sore: Pukul 13.00 – 15.30 WIB
  • Sesi Pagi – Siang: Pukul 08.30 – 11.00 WIB
  • Sesi Siang – Sore: Pukul 13.30 – 16.00 WIB

Validasi Berkas Fisik

LOKASI

Gedung Bandar Lampung/Gedung E

Peserta memasukki Gedung E Lantai 1 langsung menuju ke sayap kiri untuk menaiki tangga menuju ke Lantai 2.

Peserta menuju ke ruang validasi sesuai arahan dari petugas ke ruang E207 – E211. Setelah selesai validasi dan pengambilan atribut, peserta menuju ke sayap kanan Gedung untuk menuju tangga turun ke Lantai 1.

Karena pentingnya proses validasi berkas ini, diharapkan mahasiswa menyiapkan berkas asli sesuai yang di instruksikan sebelum memasuki gedung verifikasi. Untuk informasi lebih lengkap atau pertanyaan seputar proses validasi berkas fisik dan pembagian atribut mahasiswa baru, silahkan hubungi kami melalui tautan berikut: https://t.me/camabaitera2021.

FAQ

Got a Question?

Temukan jawaban kamu seputar Validasi Berkas dan Pengambilan Atribut Mahasiswa Baru disini!

Tenang, apabila saat ini posisi kamu tidak berada di Provinsi Lampung dan tidak memngkinkan untuk datang langsung ke ITERA, maka kamu di izinkan untuk meminta bantuan teman/saudara untuk menggantikan kamu melakukan Validasi Berkas Fisik dan Mengambil Atribut. Teman/saudara yang kamu mintai tolong untuk menggantikan kamu bisa datang langsung ke ITERA membawa berkas-berkas ASLI kamu sesuai yang di instruksikan dan membawa serta SURAT KUASA yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak.

Tentu tidak, kalau kamu sudah dinyatakan lengkap oleh Tim Verifikator melalui E-mail saat verifikasi berkas maka kamu hanya perlu membawa Rapor dan Ijazah Asli saja.

  • Penggantian jadwal dapat dilakukan ketika kondisi tertentu (sakit dan belum mendapatkan izin orang tua)
  • Tidak bisa, karena fotocopy sudah dilakukan ketika pengiriman berkas kecuali kekurangan berkas
  • Tidak perlu, tetapi dibutuhkan surat domisili untuk membuktikan anda sudah tinggal di Bandar Lampung
  • Tidak perlu, karena anda bisa lihat melalui email yang telah diberikan tim verifikasi berkas atas kekurangan berkas kalian.
  • Berkas yang dibawa hanya berkas yang kurang sesuai dengan email yang diterima, rapor, dan ijazah
  • Diberikan keringanan, dengan batas waktu terakhir validasi berkas hari terakhir.
  • Bisa digantikan dengan surat keterangan tentang kesanggupan bertanggung jawab ketika terjadi permasalahan Kesehatan ataupun lainnya ditandatangani oleh Orang Tua/Wali dan Mahasiswa.
  • Iya, karena menunjukkan anda telah melakukan vaksin, minimal vaksin pertama.
  • Anda silahkan meminta saudara atau orang tua untuk melakukan scan berkas tersebut untuk dikirim.
  • Anda dapat melakukan penukaran baju dengan sesama mahasiswa baru Angkatan 2021/2022
  • Iya, disertai surat kuasa untuk memastikan bahwa Anda mengenal orang tersebut. Serta memang benar mahasiswa tersebut berada di luar provinsi Lampung dan tidak dapat izin orang tua untuk datang langsung ke ITERA.
  • Pengganti Ijazah hanya SKHUN, jika Ijazah belum ditandatangani oleh kepala sekolah
  • Jika sudah dilakukan verifikasi bulan Mei, maka anda perlu menunjukkan bukti kartu DIM atau NIM yang telah di cap oleh panitia verifikasi berkas, dan jika diwakilkan perlu ditambahkan surat kuasa bermaterai.

Silahkan memberikan data kepada Panitia berupa:

  • Nama :
  • NIM :
  • Prodi :
  • Berkas Asli yang terbawa: